Selasa, 24 Juni 2014

kasus tiket pesawat

DESAIN SISTEM
3.   UML        
Dari hasil analisa yang diperoleh, maka adapun UML untuk project ini adalah sebagai berikut :
1.1   Use Case Diagram
3
Keterangan gambar :
Tugas masing masing aktor :
Customer dalam use case diagram, bisa mengakses tiket pesawat yang ditawarkan yang dimana terdapat pilihan pilihan dan keterangan setiap tiket untuk yang ingin dipilih. Di dalam tiket pesawat yang ditawarkan, menjelaskan harga tiket, Operator  dalam use case diagram, bisa mengakses request pemesanan tiket yang sudah di pesan oleh customer untuk didata lebih lanjut dan di proses untuk pembokingan tiket pesawat.
Bussines Use Case
4
Keterangan :
-          Customer saat melakukan pemesanan pasti akan memilih paket wisata yang di inginkan.
-          Operator akan melihat atau melakukan pendataan request pemesanan paket wisata, pasti sudah ada customer yang melakukan pemesanan paket wisata.
2. Class Diagram
5
Keterangan :
- Kelas Aplikasi Pemesanan tiket yang merupakan penyedia sebuah antarmuka (Aplikasi Pemesanan tiket).
- Kelas aplikasi tiket pesawat merupakan implementasi product yang dimana tiket yang ditawarkan
- Kelas tiket pesawat merupakan generalization dari tiket pesawat
- Kelas pemesanan merupakan implementasi request pemesanan yang akan dilakukan oleh customer.
- Kelas pesan merupakan report/laporan dari  kelas pemesanan.
3. Sequence Diagram
6
Keterangan :
Customer mengakses form tiket untuk melihat dan memilih tiket yang ingin dipilih, pemesanan di lakukan saat customer telah menemukan tiket yang sesuai keinginan pada form pemesanan. Customer mengisi data pada form pemesanan untuk merequest pemesanan tiket yang ingin di kunjungi. Data akan tersimpan saat proses save data berhasil dan akan ada verifikasi data berhasil.
4. Object Diagram
7
Keterangan :
Kelas pesan merupakan parameter atribut yang perlu di isi, kelas pemesanan merupakan data yang telah di isi untuk proses pemesanan tiket. Data atribut seperti gambar di atas.
5. Collaboration Diagram
8
keterangan :
Customer mengakses form tiket untuk melihat dan memilih paket tiket yang ingin dipilih, pemesanan di lakukan saat customer telah menemukan tiket yang sesuai keinginan pada form pemesanan. Customer mengisi data pada form pemesanan untuk merequest pemesanan tiket yang ingin di kunjungi. Data akan tersimpan saat proses save data berhasil dan akan ada verifikasi data berhasil.
6. Activity Diagram
9
Keterangan :
Pilih tiket yang di inginkan, pemesanan tiket yang sudah di pilih jika ingin di proses maka lanjut registrasi pemesanan dan cetak bukti pemesanan dan jika tidak memilih paket yang di inginkan kembali.
7. Statechart Diagram
10
Keterangan :
Pilih tiket yang di inginkan, pemesanan tiket yang sudah di pilih jika ingin di proses maka lanjut registrasi pemesanan dan cetak bukti pemesanan dan jika tidak memilih tiket yang di inginkan kembali.
8. Component Diagram
11
Keterangan :
Database menggunakan database Sql, dengan mengunakan java Db4O dan library, sql connector dan Java SE 6.0 (JDK 6).
B. Desain Pattern (Creational pattern: Factory Method)
Desain pattern ini memisahkan kode untuk membuat obyek, sehingga ketika jenis obyek yang dapat dibuat bertambah, kode yang berubah hanya kode pembuatan obyenya saja. Bisa di katakan bahwa Factory adalah method yang memiliki fungsi khusus untuk melakukan konstruksi class menjadi objek dan mengembalikan referensi objek tersebut.
2
Keterangan :
-          Product : abstrak mendefinisikan obyek interfaces dari class yang dibentuk
-          ConcreteProduct : implementasi dari product tersebut
-          Creator (document) : Deklarasi Factory dengan nilai balik obbyek tipe product dan juga mendefinisikan nilai balik dari obyek ConcreteProduct
ConcreteCreator : mengabaikan nilai balik dari ConcreteProduct.
Desain Pattern Factory Method Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat
5
Keterangan :
-  Kelas Product yang merupakan penyedia sebuah antarmuka (Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat).
-  Kelas ConcreteProduct merupakan implementasi product yang dimana tiket pesawat yang ditawarkan
-  Kelas ConcreteCreator merupakan implementasi request pemesanan yang akan dilakukan oleh customer.
-  Kelas Creator merupakan report/laporan dari  kelas pemesanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar